Ivan Petrovich Pavlov (Rusia, 1849-1936)

Ini adalah pesan yang ingin aku sampaikan kepada generasi muda negeriku. Pertama-tama, bertindaklah sistematis. Saya ulangi, sistematis. Berlatihlah untuk berlaku sistematis dalam mencari pengetahuan. Pertama-tama pelajarilah dasar-dasar ilmu pengetahuan sebelum berusaha mencapai puncaknya. Jangan melompati satu tahap sebelum Anda menguasainya secara sempurna. Jangan menyembunyikan kekurangan dalam pengetahuan Anda dengan menutupinya dengan hipotesis yang berani sekalipun. Berlatihlah untuk sabar dan disiplin. Pelajari cara mengerjakan karya ilmiah yang sering membosankan. Meskipun sayap seekor burung tampak tumbuh sempurna, burung itu tak pernah bisa terbang jika ia tidak belajar terbang di udara. Fakta mesti dilihat oleh ilmuwan. Tanpa fakta Anda tak akan bisa maju. Tanpa fakta, teori-teori Anda akan hampa belaka. Namun, saat studi, bereksperimen atau mengamati, cobalah untuk tetap menjaga jarak. Jangan hanya jadi pengumpul fakta tetapi cobalah untuk mengungkap misteri asal usulnya. Berusahalah dengan keras untuk menemukan hukum atau kaidah yang mengatur fakta-fakta itu.

Syarat penting kedua adalah kerendahan hati. Jangan pernah membayangkan bahwa Anda tahu segala-galanya. Betapa pun tingginya penghargaan orang kepada Anda, Anda harus berani mengatakan “saya masih bodoh”. Jangan pernah dikuasai kesombongan.

Hal ketiga yang diperlukan adalah semangat. Ingat, bahwa orang yang mengabdikan sepenuh hidupnya jika ia hendak terjun ke dunia ilmu pengetahuan. Dan, bahkan jika anda punya dua kehidupan, itu tidak akan cukup. Sains mensyaratkan semangat yang besar dan usaha keras. Bersemangatlah dalam bekerja dan dalam mencari kebenaran.

(Pavlov; 1936)