Komputer Green

1.Motherboard
Motherboard adalah komponen paling utama pada komputer. Kualitas motherboard sangat berpengaruh pada kemampuan dukungan terhadap jenis dan kapasitas komponen lainnya serta batas kemampuan upgrade. Dalam komponen PC, motherboard juga sering disebut sebagai mainboard. Juga ada beberapa istilah lain untuk menyebutnya, seperti mobo atau singkatan MB. Tugasnya pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Mulai dari CPU/processor, RAM, video card, harddisk, dan seterusnya.Pada motherboard terdapat BIOS (Basic Input/Output System), yang akan di-loading kali pertama sistem menyala. BIOS mendefinisikan komponen yang terhubung dengan motherboard.
Berhubungan dengan green computing, produk MB yang hemat energi , saat ini salah satunya adalah ASUS yang menggunakan Teknologi EPU, yang dapat menugurangi daya panas pada processor.Walaupun hanya processor saja, ini dapat memberikan hasil yang sangat signifikan, yaitu efesiensi daya listrik 96% dan 80% penghematan daya yang dibutuhkan oleh processor pada MB.
Kita dapat mengonfigurasi pc sedemikian hingga dapat menyimpan semua informasi semua komponen ke RAM dan mematikan semua komponen kecuali RAM.Alhasil, MB akan menghidupkan RAM saja sedangkan komponen lain dimatikan. Pada konsumsi ini pc hanya menggukan 5 w.
2.Processor
Salah satu komponen yang menjadi target utama dalam penghematan energi adalah processor.Pada era processor intel Nerbust untukpentium 4, ia terkenal karena kebutuhan daya yang sangat besar untuk ukuran processor.Namun yang kini cukup efesien masalah daya adalah AMD Athlon 64 65 nm atau seri processor intel core 2.Pada model steping processor terakhir Athlon X2 dan core2, bahkan memiliki kebutuhan daya yang jauh lebih kecil dibandingkan seri awalnya.Dengn mencapai angka dibawah 10 W ketika idle, sedangkan untuk generasi awal Athlon 64 berproses produksi 90 nm membutuhkan daya 25W pada saat idle.
3.Chipset
Chipset juga merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan dari sebuah motherboard. Dari chipset akan sangat menentukan dukungan fi tur dan fasilitas yang dapat dimungkinkan oleh motherboard. Sebab pada chipset akan menentukan dukungan seperti penggunaan tipe processor, modul RAM yang digunakan, ketersediaan dukungan integrated graphic controller, bus link untuk graphic card, dan seterusnya. Pada sebagian motherboard juga menggunakan skenario klasik, dengan menggunakan dua buah chipset, northbridge dan southbrige. Jika northbridge lebih menentukan dukungan untuk CPU, RAM dan bus. Termasuk dukungan untuk digunakannya dual VGA, baik dengan CrossFire maupun SLI. Begitu pentingnya peran chipset, sehingga kami anggap pilihan chipset adalah pilihan terpenting kedua setelah memilih platform processor yang akan digunakan.
Karena chipset adalah bagian yang terintegrasi dengan motherboard, maka tidak mungkin melakukan upgrade chipset tanpa mengganti motherboard secara keseluruhan. Southbridge melayani kebutuhan I/O seperti untuk storage, USB, dan seterusnya. Beberapa dilengkapi dengan controller tambahan untuk dukungan pengguanaan RAID, firewire, dan lain-lain. Produsen chipset memiliki pendekatan yang berbeda untuk hal ini. Saat ini penawaran chipset intel cukup banyak untuk dukungan processor core 2, yang rata-rata sebagian besar hemat energi dibandingkan penawaran competitor
Guna menurunkan kebutuhan daya yang lebih hemat lagi, bagi pengguna yang ingin membangun computer green computing, dapat menggunakan GPU di dalamnya.Dengan demikian hal ini akan menghilangkan daya ekstra bila mengggunakan video card diskrit.
4.Memory
Ide dasar dari semua memori adalah kemampuan untuk menyimpan informasi.Tentu saja informasi yang disimpan dapat dipanggil atau diolah kembali bila diperlukan. Sebagai analogi, memori dimisalkan sebagai sekelompok kotak surat dalam suatu apartemen yang besar. Seseorang dapat meletakkan informasi dalam suatu kotak surat dengan nomor tertentu yang tertera. Jika pemilik ingin mengambil informasi tersebut, pemilik dapat melihat ke kotak suratnya dengan nomor yang tepat dan mengambil informasinya.
Memory Internal atau memory utama berfungsi untuk :
•    Menyimpan data yang berasal dari piranti masuk sampai data dikirim ke ALU untuk diproses.
•    Menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran
•    Menampung program atau intruksi yang berasal dari piranti masuk atau dari piranti pengingat sekunder
Dan sebaiknya anda menggunakan memory jenis DDR2 dibandingkan dibandingkan DDR3 yang 10 W lebih besar kebutuhan dayanya tiap DIMM.
5.Video Card
Untuk komponen yang bertugas sebagai pemproses data grafis, cara termudah untuk menghemat energi adalah menggunakan integrated GPU.Pilihan ini memang memberikan kemampuan terendah tiap generasi GPU tertentu.Namun bagi pengguna kantoran, Brosing internet atau segala kegiatan murni hanya menggunakan interface 2D, solusi ini sudah lebih dari cukup. Penghematan pun bisa mencapai 10-35 W.
Saat ini, dengan rata-rata produsen MB yang menggunakan interkoneksi video melalui DVI atau HDMI sudah sanagat sulit ditemukan.Jadi pengguna power user yang menggunakan monitor LCD tidak perlu kawatir.Bagi Gamer atau pengguna 3D lainnya ,dapat menggunakan GPU Radeon HD 3850 atau GPU Radeon HD 3870.
6.Storage
Biasanya pilihan yang standart storage adalah jenis harddrive desktop 3,5”.pada solusi storage yang pertama ini dapat digunakan dalam computer yang hemat energi karena banyak produsen kini mulai memfokuskan diri pada konsumsi daya ketika hardisk beroperasional secara otomatis akan mengurangi daya putar.
solusi yang kedua, yang juga tetap dengan kelebihannya dalam hal keterjangkauan adalah hardisk laptop 2,5”. Hardisk ini mengoptimalkan firmware , serta komponen motor yang lebih kecil ini dibandingkan dengan harddisk3,5”.
Solusi ketiga, merupakan solusi hemat energi yang paling baik dengan menggunakan Solid State Drive(SSD). Dimana ini hanya membutuhkan sepertiga dari daya yang dibutuhkan untuk menjalankan hard disk 25”.Hanya saja SSD harganya masih mahal.
7.PSU
Para pembuat green Pc atau bahkan system builder manapun, saat ini tidak sulit menemukan PSU dengan efesiensi 80+%,berkat inisiatif standardisasi “80 PLUS” yang merangkul berusaha banyak dari produsen.Pilihan yang baik PSU juga harus mengikuti standart ROhs yang mana menandakan lebih sedikit penggunaan bahan material yang merusak lingkungan.Dan yang sering dilupakan oleh User building adalah keksesuaian PSU terhadap komponen-komponen komputer.
7. Optical drive
Pada optical drive untuk sebagian besar pemakaian computer, komponen ini rata-rata berada pada keadaan idle dan membutuhkan daya yang lebih rendah.Lalu, bila pengguna memiliki media CD atau DVD yang sering di akses , untuk dapat menghemat penggunaan daya, salah satu solusinya dengan membiat ISO dari konten CD maupun DVD tersebut yang baru kemudian dapat diakses (mount) secara virtual.

8. Monitor dan peripheral lainnya
Monitor merupakan bagian kompunen yang sangat besar dibanding komponen komputer lainnya.LCD biasanya memerlukan daya listrik antara 40 hingga maksimal 60 W.Ukuran daya ini menigkat seiring meningkatnya ukuran display.Sebagai perbandingan, sebuah monitor CRT 21” biasanya membutuhkan 120 W, tentunya ini jauh lebih besar dari LCD 22”.
Pada komponen peripheral lainnya,seperti speaker,mouse,keyboard, card rider sebaiknya dinonaktifkan ketika tidak digunakan walaupun mereka tidak menyerap data sedikitpun.
Setelah menentukan komponen apa saja yang green computing Anda harus mengikuti saran kami ini.
1.Mengaktifkan fasilitas power management dari CPU dan peripheral yang berhubungan, sehingga ketika tidak sedang dipakai ia akan menyesuaikan konfigurasi internal secara otomatis agar sesedikit mungkin menyerap listrik.
2Menggunakan computer bedasarkan keperluan saja dan mematikan jika tidak diperlukan.
3.Menggunakan monitor LCD dari pada monitor CRT
4.Menggunakan computer notebook dari pada computer desktop.
5.Meminimalkan penggunaan kertas print.
6.Jika memungkinkan usahakan menggunakan energi alternative.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s